Desain Maskot Asian Games 2018
29 Mei, 2016

Desain Karakter Hewan Indonesia Sebagai Maskot Ajang Internasional

Nama Indonesia dapat dikatakan sudah cukup diperhitungkan di kancah internasional khususnya kawasan Asia Tenggara. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika sejak beberapa tahun yang lalu Indonesia kerap ditunjuk untuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan berbagai ajang berskala internasional, salah satunya yaitu, kompetisi olahraga. Jika Anda perhatikan, dalam setiap ajang tersebut selalu hadir maskot yang memiliki desain khas. Pada umumnya, maskot yang dijadikan simbol ajang tersebut mewakili karakter bangsa Indonesia. Diantara berbagai kekayaan yang dimiliki Indonesia, hewan menjadi pilihan utama pihak penyelenggara sebagai maskot dari ajang tertentu. Hewan yang dipilih menjadi maskot sudah melalui berbagai pertimbangan terlebih dahulu sehingga penentuan jenis hewan pun tidak dapat dilakukan secara sembarangan.

Selama beberapa tahun belakangan ini sudah banyak karakter hewan khas Indonesia yang mulai mendunia berkat dijadikannya sebagai maskot ajang internasional. Berikut ini akan dijabarkan beberapa karakter dan desain dari maskot yang terinspirasi dari kearifan budaya lokal Indonesia tersebut. Karakter terbaru yang dijadikan maskot ajang bertajuk Asian Games 2018 mendatang adalah Burung Cendrawasih. Seperti yang diketahui bahwa burung tersebut merupakan fauna khas Indonesia yang berasal dan hanya dapat ditemukan di wilayah Pulau Papua saja. Berdasarkan alasan inilah maka pihak penyelenggara memutuskan untuk mengabadikannya sebagai maskot kompetisi olahraga negara-negara di Asia tersebut.

Desain Maskot Asian Games 2018

Desain Maskot Asian Games 2018

Selain memiliki desain yang menarik, setiap maskot juga memiliki nama yang unik. Hal ini tercermin dari nama Drawa yang diambil dari nama Burung Cendrawasih tersebut. Selain Burung Cendrawasih, karakter Burung Jalak asal Pulau Bali juga pernah dijadikan maskot untuk ajang Asian Beach Games 2008 lalu. Itulah beberapa karakter hewan yang pernah mendapatkan kehormatan untuk menjadi maskot sebuah ajang internasional.

Semoga ke depannya Indonesia semakin aktif untuk berpartisipasi dalam berbagai ajang internasional agar semakin banyak pula karakter hewan khas Indonesia yang dapat diperkenalkan kepada dunia. Selain itu, diharapkan pula agar desain dari setiap maskot selalu mendapat perbaikan agar nantinya dapat mencerminkan karakter budaya Indonesia yang sesungguhnya.

Ditulis oleh Krepito Studio dalam Desain dan dengan tag