Desain Cover Album Maroon 5 oleh Pemuda Indonesia
1 Jun, 2016

Desain Karya Pemuda Indonesia Untuk Group Band Maroon 5

Bagi para pecinta musik terutama lagu-lagu asal luar negeri, pastinya sudah tidak asing lagi dengan nama Maroon 5. Group band asal negeri Paman Sam ini memang dikenal produktif dalam menghasilkan karya-karya yang berkualitas. Untuk mengokohkan posisinya sebagai band kelas dunia, Maroon 5 mengadakan kompetisi untuk membuat desain dari album mereka yang bertajuk V. Kompetisi ini merupakan ajang yang diselenggarakan oleh Maroon 5 untuk menjaring bakat kreatif khususnya di bidang seni grafis. Pada awal perilisan album V milik band yang digawangi oleh Adam Levine dan kawan-kawan tersebut hanya memiliki simbol berupa V. Selanjutnya untuk cover album yang sama namun edisi terbatas, pihak manajemen band yang membawakan lagu Maps ini memutuskan untuk membuat lambang V menjadi lebih hidup.

Banyak peserta yang tertarik untuk mengikuti kompetisi tersebut karena kecintaan mereka terhadap band yang beranggotakan lima personil tersebut dan pastinya iming-iming hadiah yang besar. Diantaranya sekian peserta yang sudah mengirimkan karyanya, ternyata desain V yang memenangkan kompetisi untuk album terbatas Maroon 5 tersebut adalah karya pemuda asal Indonesia. Pemuda yang menempuh pendidikan di Institut Seni Indonesia tersebut membuat logo V benar-benar tampak berbeda dan lebih hidup.

Desain Cover Album Maroon 5 oleh Pemuda Indonesia

Desain Cover Album Maroon 5 oleh Pemuda Indonesia

Bayu Santoso yang pemenang kompetisi tersebut mampu merubah desain sederhana logo V menjadi muka harimau yang memiliki visualisasi sangat nyata. Logo V yang sekaligus menjadi tajuk dari album Maroon 5 tersebut nampak jelas terlihat pada bagian hidung hingga mata harimau tersebut. Pemuda yang akrab disapa Bayo Gale mengatakan bahwa karyanya tersebut pada dasarnya memiliki tingkat kesulitan yang cukup sederhana.

Hal tersebut nampak dari penggunaan warna yang dapat dikatakan terbatas, yaitu, dominasi putih dengan sedikit aksen coklat di beberapa bagian. Meski demikian, ternyata desain tersebutlah yang mampu menarik perhatian pihak Maroon 5 dan akhirnya secara resmi menjadikan ilustrasi muka harimau tersebut sebagai cover album edisi terbatas. Sungguh membanggakan bukan prestasi anak muda dari Indonesia ini? Semoga ke depannya semakin banyak prestasi yang dapat dihasilkan oleh para penerus bangsa ini.

Ditulis oleh Krepito Studio dalam Desain dan dengan tag