Desain Logo
22 Jun, 2016

Tips Membuat Desain Logo

Indonesia semakin banyak dibanjiri perusahaan pedagang besar maupun kecil. Semua perusahaan itu berlomba-lomba menampilkan daya tarik dan identitas yang unik demi menciptakan persaingan pasar yang sehat. Branding dibutuhkan untuk menciptakan identitas tersebut, dan salah satunya adalah dengan membuat desain logo.

Pembuatan desain logo bisa dibilang gampang-gampang susah, karena bisa saja kita jago menggambar, tetapi kadang lupa dengan ‘image’ yang ingin disampaikan dari logo yang kita buat tersebut. Seseorang yang kental dengan dunia grafis pasti tahu dengan aplikasi yang digunakan untuk merancang dan merubah sebuah logo, seperti Photoshop dan Coreldraw. Saya pribadi menggunakan kedua aplikasi untuk mencapai hasil yang memuaskan.

Ada beberapa trik yang bisa dilakukan sebelum membuka aplikasi pembuatan desain. Sembari jalan-jalan santai atau sedang memiliki waktu luang di kafe, ambillah kertas kosong dan sebatang pensil. Uji cobalah komponen-komponen yang ingin Anda masukkan ke dalam desain logo dalam bentuk coretan. Jangan takut salah atau jelek, di kertas ini Anda hanya gunakan sebagai referensi untuk nantinya dikonversikan ke dalam bentuk digital. Tujuan utama dari coret-coret kertas tadi adalah eksplorasi ide keren yang Anda punya dan mencocokan dengan identitas perusahaan yang Anda miliki. Apabila sudah cukup banyak uji coba, baru bisa dipindahkan ke aplikasi di komputer.

Desain Logo

Desain Logo

Mulai darimana? Kebanyakan menggunakan Corel. Kepraktisan menggambar memang didapat dari aplikasi ‘Paint’ yang sudah ada sedari awal pada komputer kita. Namun, aplikasi tersebut tidak dapat memberikan opsi peng-editan yang kompleks seperti halnya pada photoshop dan corel. ‘Paint’ hanya opsi terakhir apabila Anda sudah menyerah mempelajari trik menggunakan Photoshop atau Corel. Selanjutnya, pemindahan coretan bisa dilakukan dengan ‘scan’ ataupun dengan cara menggambar ulang dengan versi digital. Anda kemudian memperhalus gambar, memberikan resolusi yang baik agar gambar tidak pecah, serta menyimpan hasil akhir dalam berbagai bentuk file. Hal ini bertujuan untuk memudahkan penggunaannya ke depan di berbagai media publikasi.

Sekian sedikit tips memulai desain logo untuk perusahaan. Cara lebih praktis lainnya adalah membayar seseorang dalam pembuatan logo untuk perusahaan Anda. Bahkan ada yang lebih praktis lagi! Yaitu dengan membeli logo yang sudah jadi dan Anda tinggal menukar kolom kosong pada logo dengan nama perusahaan Anda. Menarik bukan?

Ditulis oleh Krepito Studio dalam Desain dan dengan tag