fbpx
4 Mar, 2017

Desain Grafis Indonesia yang Mendunia

Desain grafis memang tak bisa dipisahkan dengan seni rupa. Keduanya hampir sama namun hanya berbeda penempatannya.

Desain grafis Indonesia sendiri sudah mengalami kemajuan yang pesat. Terbukti ada beberapa designer asal Indonesia yang karyanya diakui di internasional.

Ada beberapa nama desainer grafis yang sudah mengharumkan nama bangsa, antara lain adalah:

Yolanda Santosa - Desain Grafis Indonesia yang Mendunia

Yolanda Santosa – Desain Grafis Indonesia yang Mendunia

Yolanda Santosa

Nama Yolanda Santosa menjadi list pertama yang akan dibahas. Prestasinya di bidang seni grafis sudah tidak diragukan lagi karena memang karyanya yang begitu luar biasa.

Wanita yang akrab disapa Yo ini pernah menangani pembuatan desain judul serial TV yang terkenal yaitu Desperate Housewives.

Tidak hanya satu judul saja yang memakai jasanya tetapi ada The Ugly Betty dan The Triangle.

Sederet penghargaan pun sudah ia raih dan mungkin Yo meruvpakan salah satu desainer grafis Indonesia yang berkarir di kancah Hollywood. Jadi bisa dikatakan jika desain grafis Indonesia tak kalah hebatnya dengan buatan Hollywood lainnya.

Henricus Kusbiantoro - Desain Grafis Indonesia yang Mendunia

Henricus Kusbiantoro – Desain Grafis Indonesia yang Mendunia

Henricus Kusbiantoro

Desainer Indonesia yang sukses di dunia international selanjutnya adalah Henricus Kusbiantoro. Salah satu prestasi gemilangnya adalah membuat desain brand milik Bono U2 yang digunakan untuk berkampanye tentang AIDS di Afrika.

Desainnya diperkenalkan di World Economic Forum di kota Davos Swiss pada tahun 2006 lalu. Selain itu ada pula karyanya yang mendunia lainnya.

Kalim Winata

Selain Yolanda Santoso yang berkarir di Hollywood, ada juga designer asal Indonesia lainnya yaitu Kalim Winata. Pria kelahiran Jakarta ini tercatat sudah ikut proyek pembuatan film animasi terkenal Christmas Carol.

Pada proyek tersebut, Kalim bertugas untuk membuat animasi rambut sang karakter utama yaitu Scrooge yang diperankan oleh Jim Carey.

Ketiga nama tersebut sudah mengharumkan nama Indonesia di dunia luar. Meskipun hanya dengan seni grafis, nyatanya dunia mengakui karya anak bangsa tersebut.

Tak hanya mereka bertiga saja yang berprestasi tapi masih ada banyak lagi.

Desain grafis Indonesia memang kurang begitu populer jika dibandingkan dengan Amerika dan Eropa. Maka tak heran mereka bertiga lebih senang berkarya di luar negeri.

Ditulis oleh Krepito Studio dalam Desain dan dengan tag .