Aneka Pilihan Aplikasi Dalam Desain Grafis Brosur
27 Mei, 2017

Aneka Pilihan Aplikasi Dalam Desain Grafis Brosur

Pernahkah Anda memperhatikan brosur yang disebarkan atau dipasang di banyak tempat dengan cermat? Jika diperhatikan dengan baik, brosur-brosur yang disebarkan, diberikan langsung ke setiap orang, atau ditempel di suatu tempat memiliki beragam jenis model.

Percaya atau tidak, faktanya penyedia jasa desain grafis brosur menawarkan layanan pembuatan brosur berdasarkan 3 kriteria utama, yaitu format, isi, dan cara pendistribusiannya. Berikut ini ada beberapa contoh model brosur yang banyak dipilih oleh klien sesuai masing-masing kriteria layanan

Dari sekian banyak pilihan, sebagian besar klien desain grafis brosur yang memilih berdasarkan format memiliki kecenderungan untuk menggunakan format tri-fold alias tiga lipatan. Jadi, nantinya ada sekitar 6 halaman yang tersedia. Brosur seperti ini lebih banyak dipilih oleh lembaga seperti kampus, penyuluh pertanian, dan sebagainya.

Sementara itu, format selebaran lebih banyak dipilih oleh bisnis kecil menengah seperti salon, bimbingan privat, iklan motor dan sebagainya. Selain kedua format di atas, format lain yang juga banyak digunakan adalah bi-fold, booklets, gate-fold, dan sebagainya.

Aneka Pilihan Aplikasi Dalam Desain Grafis Brosur

Aneka Pilihan Aplikasi Dalam Desain Grafis Brosur

Berdasarkan isinya, ada sekitar 8 pilihan desain yang bisa dipilih. Kedelapan pilihan tersebut adalah pamphlet, form, menu, datasheets, event brochure, sales brochure, company profile, dan product catalog. Penggunaan masing-masing jenis sudah bisa dilihat dari nama pilihan desain itu sendiri.

Sebagai contoh, katalog produk biasa dipilih oleh mereka yang ingin memperkenalkan sekaligus memasarkan produk-produk yang dijual. Perusahaan furnitur dan swalayan biasa menggunakan model seperti ini untuk lebih memperkenalkan produknya kepada konsumen sasaran.

Desain Berdasarkan Distribusi

Bagaimana dengan kriteria yang terakhir? Untuk desain berdasarkan distribusinya, ada dua pilihan yang tersedia, yaitu mailers dan e-brochures.

Untuk mailers, tampilannya bisa dikatakan mirip seperti kartu pos sedangkan pada e-brochure biasanya ada banyak halaman yang digunakan. Sesuai namanya, format e-brochure lebih banyak dipilih perusahaan yang menerapkan pemasaran digital.

Dari beberapa gambaran terkait desain grafis brosur di atas, Anda tentu bisa menentukan model seperti apa yang paling cocok untuk dipilih. Setelah proses penentuan modelnya, Anda tinggal memikirkan segala aspek yang berkaitan dengan proses printing atau pencetakannya seperti model dan ukuran kertas.

Ditulis oleh Krepito Studio dalam Desain dan dengan tag