Desain Grafis Terpopuler, Beberapa Mitos Umum
8 Jun, 2017

Desain Grafis Terpopuler Beberapa Mitos Umum

Desain grafis seringkali dipandang sebelah mata, terutama karena menciptakan logo atau grafis dianggap mudah. Oleh sebab itu ada beberapa ‘kepercayaan’ atau mitos desain grafis terpopuler yang dipercaya oleh masyarakat umum. Seperti halnya mitos, hal-hal berikut ini tentu saja tidaklah benar atau hanya berlaku menurut satu kalangan saja.
Mitos pertama seringkali berkaitan dengan biaya layanan. Orang seringkali meremehkan, “Ah, begini aja kok. Saya juga bisa membuatnya sendiri.”

Sebetulnya, kalau memang bisa membuatnya sendiri, mengapa pada akhirnya memutuskan untuk menyewa jasa seorang desainer ya?

Tapi memang itulah kontradiksi yang terjadi di tengah masyarakat sekarang ini. Pelaku bisnis seringkali tidak menyadari pentingnya sebuah logo usaha, yang akan menjadi ‘branding image’ dari sebuah merek atau nama.

Desainer tentu saja menyadari hal ini; dan sudah menjadi tanggung jawab dari mereka untuk menciptakan logo yang tidak hanya mewakili usahanya namun juga ‘merangkum’ segala aktivitas usaha tersebut.

Misalkan, sebuah logo dengan warna tertentu yang menjadi warna khas usaha tersebut. Atau suatu logo yang dilihat dari bentuknya saja sudah bisa membuat mereka yang melihatnya mengerti akan jenis usaha yang dijalankan. Karena kerumitan ini, cukup masuk akal jika desainer grafis menetapkan harga layanan yang tinggi.

Sayangnya, salah satu mitos desain grafis terpopuler adalah murahnya jasa ini karena tingkat kerumitannya yang rendah – yang sebetulnya salah total.

Desain Grafis Terpopuler, Beberapa Mitos Umum

Desain Grafis Terpopuler, Beberapa Mitos Umum

Harga murah bukan satu-satunya ‘kesalahpahaman’ yang sering terjadi di dalam industri ini. Desainer sering kali dianggap sebagai individu yang berbakat sehingga tidak akan menemukan kesulitan dalam menciptakan suatu kreasi yang pada akhirnya menuju pada biaya yang murah.

Mahalnya Kreatifitas

Meski umumnya pekerja seni ini memang berbakat, mereka juga membutuhkan proses penciptaan yang tidak mudah. Belum lagi pendidikan yang harus mereka jalani. Apalagi proses ini seringkali melibatkan kreatifitas yang ‘mahal’ karena ide tidak bisa dihargai dengan uang

Intinya adalah, dunia ini tidak seharusnya dipandang sebelah mata. Jasa desain grafis ini sama saja seperti jasa seni lainnya dimana kreativitas, proses, dan detil menjadi elemen penting untuk menciptakan hasil akhir yang memuaskan.

Jika Anda mau mempelajari mitos desain grafis terpopuler lainnya, mungkin Anda akan mengerti kerumitan yang diperlukan dalam menciptakan sesuatu sehingga pada akhirnya Anda akan memiliki penghargaan dan penghormatan yang lebih tinggi pada profesi ini.

Ditulis oleh Krepito Studio dalam Desain dan dengan tag