DESAIN GRAFIS UNTUK MASKOT SESUAI PESANAN
22 Sep, 2017

Desain Grafis untuk Maskot Sesuai Pesanan

Apapun akan dilakukan pebisnis untuk menarik perhatian pelanggan. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan maskot. Di negara-negara maju, toko kecil sekalipun banyak mendesain logo bermaskot untuk mengesankan keramahan rasa familiar dengan toko tersebut.

Desain grafis untuk maskot tentunya tidak mudah. Dengan keterampilan seorang desainer grafis, bahkan membuat maskot pun membutuhkan waktu berhari-hari hingga berminggu-minggu.

Biasanya, gambar untuk maskot diawali dengan gambar tangan. Namun, untuk keperluan perusahaan, tentu tidak bisa mengkopi gambar maskot satu per satu. Maka, dibuatlah maskot menggunakan grafis komputer, namun dengan berbagai macam software khusus untuk edit dan membuat grafis.

Langkah Awal Pembuatan Desain Maskot

Membuat desain grafis untuk maskot bukan hanya diawali dari menggambar menggunakan tangan. Harus dimatangkan dulu, seperti apa konsep yang dinginkan perusahaan, toko, dan/atau perseorangan tersebut.

Apakah mereka meminta maskot yang rumit? Atau malah maskot yang simple dan ramah untuk pelanggan? Semuanya harus dikonsepkan terlebih dahulu.

Maskot sendiri tidak bisa hanya dikonsepkan begitu saja. Selain konsep, sinkronisasi dengan perusahaan juga penting. Perusahaan, toko, atau perseorangan tersebut bergerak di bidang apa, dan apa saja yang berkaitan dengan bidang tersebut.

Misalkan untuk restaurant, desain untuk maskotnya bisa bermacam-macam. Karena setiap restaurant juga memiliki spesialisasi tersendiri.

DESAIN GRAFIS UNTUK MASKOT SESUAI PESANAN

DESAIN GRAFIS UNTUK MASKOT SESUAI PESANAN

Jika sudah membangun konsep yang matang, maka selanjutnya adalah sketsa. Sketsa bisa dibuat menggunakan tangan atau alat lain yang lebih modern seperti pen tab. Yang manapun, hasil akhir sketsa tersebut barulah direalisasikan menggunakan komputer dan software untuk desain grafis yang biasa digunakan desainer tersebut.

Meskipun dilakukan oleh desainer, namun hak untuk menggunakan maskot tentu saja ada di tangan pengguna jasa. Maskot hanya boleh digunakan oleh perusahaan, toko, atau perseorangan tersebut.

Bahkan setelah selesai, pembuat maskot tidak diperbolehkan memberikan, memperbanyak, ataupun membocorkannya kepada pihak luar. Karena bisa saja ada pihak-pihak yang akan menggunakannya untuk kejahatan.

Misalnya untuk penipuan. Desain grafis untuk maskot ini banyak disediakan oleh penyedia jasa tersebut dan bisa dengan mudah Anda jumpai di internet maupun iklan-iklan di berbagai media, misalnya krepito.com.

Ditulis oleh Krepito Studio dalam Desain dan dengan tag