Belajar Mudah Desain Grafis untuk Pemula
7 Nov, 2017

Belajar Mudah Desain Grafis untuk Pemula

Saat kita berbicara mengenai desain grafis tentunya yang akan muncul pertama di dalam pikiran kita adalah brosur, pamflet, poster, dan sebagainya. Kemudian, akan muncul pertanyaan bagaimanakah cara belajar desain grafis untuk pemula yang mudah.

Apabila tertarik dengan dunia grafis ini, maka ada beberapa hal dasar yang wajib Anda ketahui. Khususnya terkait jenis software apa saja yang baik untuk membuat desain grafis dan juga cara mengoperasikan software tersebut.

Definisi desain grafis sendiri secara ringkas adalah suatu bentuk seni lukis (gambar) terapan yang mana memberi kebebasan kepada penciptanya untuk mengekspresikan karyanya. Karya ini bisa tulisan, gambar, atau foto yang diletakkan di atas suatu permukaan (misal kertas) dengan tujuan untuk menyampaikan pesan. Aplikasi terapan ini mulai berkembang dengan cepat seiring dengan kemajuan teknologi.

Penggunaan dari desain grafis banyak dimanfaatkan dalam dunia periklanan, perfilman, dan lain-lain. Selain untuk promosi, beberapa layanan masyarakat seperti imbauan atau informasi kesehatan juga memanfaatkan bidang ilmu ini.

Belajar Mudah Desain Grafis untuk Pemula

Belajar Mudah Desain Grafis untuk Pemula

Desain grafis dibagi menjadi beberapa kategori. Untuk setiap kategori memiliki software yang berbeda-beda. Hal ini tergantung pada tujuan dari pembuatannya. Misalkan untuk aplikasi pengolahan tata letak atau layout, maka dapat digunakan aplikasi Microsoft Publisher atau juga bisa Adobe FrameMaker.

Aplikasi Desain Grafis

Aplikasi untuk pengolahan vektor atau grafis yang sering digunakan, yaitu Adobe Illustrator dan CorelDraw. Software untuk pengolahan pixel/gambar yang paing sering digunakan adalah Adobe Photoshop.

Keuntungan dari aplikasi ini adalah karena gambarnya yang tersusun dari kombinasi garis, maka gambar tidak mudah pecah dengan resolusi tinggi. Merupakan software yang cukup mudah untuk dioperasikan dan cocok untuk belajar desain grafis untuk pemula.

Dunia desain telah mengalami perkembangan yang semakin canggih. Apabila kita dapat membuat seni desain yang bersifat kreatif, menarik, dan inovatif, maka semakin besar kemungkinan maksud dari tujuan kita yang tertuang di dalam desain tersebut akan diterima masyarakat. Saat ini, belajar desain grafis untuk pemula relatif lebih mudah dibantu dengan aplikasi-aplikasi yang semakin canggih.

Ditulis oleh Krepito Studio dalam Desain dan dengan tag