Aplikasi Desain Grafis Untuk Pemula
17 Jan, 2018

Aplikasi Desain Grafis Untuk Pemula

Desain grafis untuk pemula memang susah-susah gampang, apalagi banyak tersedia macam-macam aplikasi yang dikhususkan untuk desain. Desain tak sekedar merancang gambar, memberikan warna dan selesai, ada proses panjang dan berpikir kreatif di baliknya.

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum mulai menggambar karakter atau atau merancang brosur dan semacamnya adalah ide.

Tanpa ide yang kuat, maka pekerjaan yang dibuat tidak akan berjalan dengan baik, bisa-bisa berhenti di tengah jalan akibat kehabisan akal.

Sebuah logo misalnya, meski terlihat sederhana sebenarnya memiliki makna filosofis yang kuat di dalamnya. Lihat saja mall, tempat makan dan perusahaan, mereka mau membayar mahal untuk sebuah desain logo meski terlihat sederhana saja.

Dewasa ini pekerjaan desain adalah pekerjaan yang banyak diminati kalangan anak muda, selain menyenangkan, dianggap santai, juga menghasilkan banyak uang.

Anda tertarik untuk menjadi salah satu di antaranya? Ayo belajar. Banyak sekali aplikasi yang dapat dipelajari dan digunakan, berikut ini adalah beberapa di antaranya.

Photoshop

Aplikasi edit gambar paling populer yang pernah ada, versinya setiap tahun selalu ditingkatkan. Terserah Anda mau menggunakan versi mana saja asal nyaman. Photoshop ini berbasis bitmap, salah satu aplikasi desain grafis untuk pemula yang kalau ukuran gambar yang Anda buat terlalu kecil, maka bisa pecah kalau diperbesar.

Aplikasi Desain Grafis Untuk Pemula

Aplikasi Desain Grafis Untuk Pemula

Corel draw

Salah satu aplikasi populer lainnya adalah corel draw, format penyimpanannya bernama .cdr. Berbeda dengan yang lainnya, aplikasi ini berbasis vektor sehingga gambar desain mau di zoom sebesar apapun atau dicetak dalam ukuran apapun makan tidak akan pecah. Biasanya aplikasi ini digunakan untuk mendesain banner, pamflet dan selebaran yang membutuhkan ukuran agak besar.

Indesign

Aplikasi ini tak jauh beda dari aplikasi desain lainnya, hanya saja mungkin sebagian orang lebih familiar dengan corel atau photoshop, mengakibatkan pengoperasiannya seolah lebih rumit padahal tidak juga.

Itulah tadi beberapa aplikasi desain grafis untuk pemula yang dapat Anda jadikan untuk berlatih menuangkan ide-ide kreatif yang dimiliki. Ketekunan dan kesabaran diperlukan dalam berlatih desain ini, kuncinya adalah jangan menyerah.

Ditulis oleh Krepito Studio dalam Desain dan dengan tag