17 Nov, 2013

7 Pelajaran Yang Sebaiknya Diketahui Oleh Para Startup

 

Mengobrol dengan para startup yang telah sukses mungkin akan membuka pikiran kita, banyak saran yang dapat diambil dari orang-orang tersebut, tetapi lebih penting lagi jika belajar dari kesalahan dan pengalaman mereka. Berikut tujuh pelajaran yang diberikan dari para startup yang telah sukses.

1. Menerima kritik

William Wolfram, founder dari perusahaan ecommerce DealDash percaya bahwa seharusnya para startup seharusnya tidak mengabaikan kritik dari para calon investor.

“Pada dasarnya hal itu bisa dibilang saran gratis,” ujar Wolfram “Seorang founder sebaiknya pergi dari sebuah meeting dengan apa yang harus mereka lakukan dan apa yang sebaiknya lakukan. Kita bisa mendapatkan banyak manfaat dari calon investor sekalipun mereka tidak ingin melakukan investasi.”

2. Membuat perbedaan

Supercell CEO Ilkka Paananen mendapatkan banyak kesuksesan dari perusahaannya yang baru berumur 3 tahun itu yang merupakan perusahaan dibalik dua game populer saat ini, Clash of the Clans dan Hay Day. Sarannya kepada para startup adalah agar terus kreatif dan merayakan kegagalan.

“Jangan hanya melihat apa yang sedang populer di App Store dan berpikir apa yang kamu dapat lakukan dengan tema yang sedang populer tersebut,” ujarnya. “Cobalah untuk membuat sesuatu yang baru dan menarik.”

Supercell juga merayakan setiap kegagalan dengan membuka sebotol sampanye. “Kami merayakan kegagalan. Kami tidak berpura-pura bahwa gagal itu menyenangkan. Orang-orang mendedikasikan hidup mereka untuk membuat game dan terkadang game tersebut mati, tetapi kita mendapatkan banyak hal dari kegagalan tersebut. Kami menganalisa dan membicarakan tentang apa yang berjalan dengan lancar dan apa yang tidak. Kami membuka sebotol sampanye untuk merayakan apa yang kami pelajari dari kegagalan tersebut.”

3. Tetap selektif

Banyak yang akan memberikan saran, tetapi tetaplah selektif dan pilihlah yang benar-benar akan Anda ikuti.

“Dengarkan saran yang tepat,” ujar Jukka Hilvonen, produser di Nitro Games. “Ketika kita membuat sebuah program, kita akan bertemu banyak orang berbakat dari berbagai bidang dan menerima banyak saran. Tetapi jika kita mendengarkan saran semua orang, kita sama saja mengejar ekor sendiri. Beberapa orang bilang membuat aplikasi gratis adalah satu-satunya cara untuk menggapai mobile , tetapi karena kami membuat cerita yang interaktif dalam setiap game, hal itu menjadi sangat sulit untuk dilakukan.”

4. Penyeimbangan

Markus Haltunnen dari startup Small Giant berkata bahwa semua tim yang sempurna adalah sarat penting untuk sukses. “Pastikan bahwa tim Anda seimbang dengan sempurna.

Tidak cukup jika hanya kamu mengandalkan sekelompok orang berbakat untuk bekerja sama. Kita memiliki dua grafis desainer dan seorang developer, tapi kita tahu bahwa kita butuh sesuatu yang lebih. Sangatlah penting mengetahui kekurangan keahlian dan pengetahuan. Kita beruntung jika memiliki anggota tim yang berpengalaman dan pernah berbicara tentang investor dan itu salah satu kunci untuk mencari pendanaan.”

5. Berpikir panjang

Tiina Zillacus, founder dari aplikasi Yoga Retreat berkata, merupakan sebuah kunci untuk mempertimbangkan apa yang dibutuhkan perusahaan Anda dalam jangka panjang.

“Jika Anda butuh investor, kumpulkan uang yang cukup untuk tahap berikutnya sementara masih berada ditahap yang sekarang ini. Bahkan jika seseorang tidak tertarik sekarang, mungkin mereka akan tertarik nanti.  Ini tentang membangun hubungan dan berpikir kedepan, bukan hanya berpikir tentang apa yang Anda butuhkan sekarang, tetapi juga untuk dua-tiga tahun kedepan.”

6. Lupakan kompetisi

Mengetahui kompetisi kita adalah sebuah hal, tetapi jangan biarkan hal itu mempengaruhi segala hal.

“Kita lebih sering kalah karena kurang fokus bukan karena kompetisi,” Juha Paananen, CEO dan cofounder of Singapore-based Nonstop Games. “Beberapa perusahaan terlalu banyak melihat dan mempelajari kompetitor mereka dan kurang berfokus terhadap perusahaan mereka sendiri.”

7. Pasarkan diri anda sendiri

Will Kassoy, CEO di AdColony dan pensiunan senior wakil direktur pemasaran global di perusahaan game Activision | Blizzard, berkata bahwa banyak startup pemula percaya bahwa hanya dengan konsep yang kuat mereka akan dikenal, tetapi mereka salah.

“Slogan “Jika Anda membangun hal ini, mereka akan datang” tidak selalu benar. Anda perlu beberapa bentuk pemasaran.”

 

Sumber : Mashable

 

Ditulis oleh Krepito Studio dalam Internet & Bisnis dan dengan tag .