Polaris oleh MIT
10 Mar, 2016

Polaris – Sistem Baru Yang Akan Membuat Loading Lebih Cepat 34%!

Seiring berjalannya waktu, kecepatan koneksi internet semakin bertambah cepat, tapi sayangnya hal ini diimbangi dengan website yang juga semakin kompleks. Ini artinya kita terkadang harus tetap menunggu lama untuk membuka sebuah halaman website. Sebuah sistem baru dari MIT yang membuat loading files website lebih efisien, akan merubah hal itu!

Sistem baru ini dikenal dengan nama Polaris yang dikembangkan oleh The University’s at Computer Science and Artificial Intelligence Laboratory. Yang dilakukan Polaris ini adalah mencatat semua data pada halaman website dan mengkompilasi data tersebut menjadi grafik untuk halaman tersebut yang dapat digunakan browser untuk mengunduh semua elemen dalam halaman website dengan lebih efisien.

Para peneliti menjelaskannya secara ringkas dengan analogi sebagai berikut:

“Ketika Anda mengunjungi salah satu kota, Anda kadang-kadang menemukan lebih banyak kota Anda harus mengunjungi sebelum pulang. Jika seseorang memberi Anda seluruh daftar kota di depan waktu, Anda bisa merencanakan tercepat mungkin rute. Tanpa daftar, meskipun, Anda harus menemukan kota baru sebagai Anda pergi, yang menghasilkan zig-zag yang tidak perlu antara jauh-jauh kota … Untuk web browser, memuat semua benda halaman adalah seperti mengunjungi semua kota. Polaris efektif memberikan daftar semua kota sebelum perjalanan Anda benar-benar dimulai.”

Polaris saat ini sudah dites kepada 200 website lebih, antara lain ESPN, Wikipedia, Weather.com. Rata-rata, Polaris mempercepat waktu loading pada seluruh website tersebut sebesar 34%. Sebuah hal yang cukup lumayan dan akan sangat membantu para peselancar internet. Polaris akan dipresentasikan pada USENIX Symposium on Networked Systems Design and Implementation minggu ini.

Kabar gembiranya adalah Polaris ditulus dalam JavaScript, jadi dapat diterapkan pada semua website dan dapat digunakan pada semua browser. Jika dapat diterapkan pada server, seluruh halaman website pada server tersebut akan dipercepat sebesar 34% atau lebih. Tetapi hal untuk penerapan Polaris pada semua website mungkin akan memakan waktu yang lumayan panjang. Semoga saja Polaris dapat cepat menemukan langkah kedepan agar dapat diterapkan keseluruh browser. Kami sudah tidak sabar!

 

Sumber

Ditulis oleh Krepito Studio dalam Internet & Bisnis dan dengan tag