Optimalisasi Standar SEO untuk Blog
19 Jan, 2018

Optimalisasi Standar SEO untuk Blog

Bagi seorang blogger pemula, SEO mungkin bukan topik yang paling diperhatikan. Bagi banyak orang, istilah ini dianggap sebagai gambar, konten, atau kata kunci yang ditulis bukan untuk pembaca, namun untuk mesin pencarian online. Padahal SEO adalah bagian dari blog yang penting untuk mempromosikan blog anda.

Standar SEO untuk blog telah banyak berubah selama beberapa dekade terakhir. SEO yang selama ini dikenal melalui cara kata kunci yang diulang-ulang dan optimalisasi judul, tidak lagi menjadi standar bagi para blogger.

Sebagai gantinya, SEO kini jauh lebih banyak melibatkan cara menciptakan konten yang relevan dan memiliki value. Caranya meningkatkannya dengan melalui beberapa prinsip optimalisasi. Menyusun blog secara efektif tidak hanya dari penamaan dan memberikan tag pada konten saja.

Konfigurasi Dalam SEO

Dibutuhkan pula beberapa konfigurasi untuk mengubah blog Anda dari yang tidak optimal menjadi blog yang memiliki peringkat mesin pencari yang tinggi. Konfigurasi kecil dan sederhana ini bisa berpengaruh besar pada traffic blog. Bahkan, sedikit pengerjaan SEO demi meningkatkan traffic bisa menyumbang puluhan atau ratusan ribu pengunjung dari pencarian organik.

Optimalisasi Standar SEO untuk Blog

Optimalisasi Standar SEO untuk Blog

Cara mengoptimalkan blog yang pertama adalah mulailah dengan platform blogging yang mudah dicari. Salah satu keputusan terpenting dalam optimalisasi adalah CMS yang dipilih.

Content Management System ini adalah platform yang digunakan untuk membuat sebuah blog, menambahkan konten baru dan menyusun konten menjadi sebuah situs web yang lengkap.

CMS merupakan standar SEO untuk blog yang mana tersedia dengan berbagai sistem, salah satu yang paling terkenal adalah WordPress, Blogger dan Typepad.

Selanjutnya, optimalkan struktur permalink blog dengan menjadikan judul setiap postingan sebagai URL dan bukan kode publikasinya.

Dengan cara ini, kata kunci di setiap judul posting akan digunakan di URL-nya, bukan kode numerik. Ini membantu algoritma Google untuk lebih memahami tema utama dan menargetkan kata kunci dari setiap postingan yang dipublikasikan. Sehingga hal ini akan meningkatkan visibilitas penelusuran dan membantu blogger menentukan peringkat dalam penelusuran organik.

Ada lebih banyak lagi cara untuk optimalisasi sebuah blog, tapi memahami standar SEO untuk blog sudah cukup sebagai langkah awal.

Ditulis oleh Krepito Studio dalam Blog, Internet & Bisnis dan dengan tag .