9 Jun, 2019

Tahapan Mudah Membuat Website dengan SEO

Membuat Website dengan SEO – Jika Anda sedang membangun website baru dan berencana menggunakan SEO (Search Engine Optimization), mungkin Anda akan sedikit kesulitan jika belum pernah menerapkan SEO sebelumnya. Bahkan banyak yang mengatakan teknik SEO sulit dimengerti.

Kenyataannya tidaklah seperti itu. Tahapan membuat website dengan SEO cenderung sederhana dan mudah diterapkan, bahkan oleh pemula sekalipun. Anda hanya perlu menerapkan tiga langkah mudah membuat website dengan  SEO agar website tersebut bisa mendapat peringkat atas dalam hasil pencarian.

Berikut adalah beberapa langkah tersebut:

Buatlah website dan konten sesuai pedoman SEO

Tentu langkah pertama yang perlu Anda terapkan adalah membuat website. Ada beberapa pilihan mengenai website yang akan digunakan. Anda bisa memilih yang gratis namun dengan fitur terbatas, atau berbayar dengan fitur yang lebih lengkap.

Modifikasilah website tersebut dengan beragam template  atau tema yang disediakan. Ada template bawaan yang gratis atau template premium yang  berbayar.

Template ini nantinya akan berpengaruh pada SEO dari beberapa faktor, salah satunya kecepatan. Tentunya setelah melakukan penyesuaian website agar tampilannya menarik, tahap berikutnya adalah membuat konten di dalamnya. Beberapa tulisan berkualitas, foto-foto yang menarik, dan lainnya cukup untuk memulai.

Mulai membuat konten dengan pedoman SEO agak sedikit memerlukan Anda untuk belajar tentang SEO. Mulai dari penulisan judul, meta description, meta tag, meta keywords sampai dengan nama file yang akan diunggah.
Anda bisa mulai membaca panduan pengoptimalan tersebut di sini.

Daftarkanlah website Anda pada mesin pencari,  Google dan sebagainya

Tahapan memulai SEO yang berikutnya adalah mendaftarkan website ke mesin pencari. Bukalah fasilitas gratis yang disediakan oleh Google yaitu Google Search Console.

Dengan fasilitas tersebut, Anda bisa mendaftarkan alamat website atau blog Anda ke mesin pencarian. Dengan ini website Anda dapat terindeks oleh Google lebih cepat.

Selain itu, jika Google mendeteksi adanya gangguan yang terjadi pada website Anda yang menghambat Google untuk mengindeks website tersebut, Anda akan diinformasikan segera agar dapat memperbaikinya.

Terapkan SEO On/Off Page

Sedangkan langkah selanjutnya adalah menerapkan  SEO On Page dan SEO Off Page.

Fungsi dari SEO On Page adalah mengoptimalkan konten dari website Anda atau segala hal yang ada di dalam website. Mulai dari template website, konten, semua harus menggunakan aturan atau panduan SEO yang baik.

Sedangkan fungsi dari SEO Off Page adalah untuk Anda untuk membangun sebuah link-link dari website lain yang menuju ke website Anda. Dengan cara yang aman untuk website Anda tentunya.

Walaupun tiga tahapan memulai SEO di atas cukup mudah, namun perlu dipahami bahwa sejatinya SEO adalah tentang optimalisasi, inovasi, dan strategi. Untuk mendapatkan SEO yang sukses, Anda perlu sabar dan tekun dalam menjalankan website.

Jangan lupa juga untuk sering update informasik terbaru tentang SEO dari Google. Seperti perubahan algoritma dan sebagainya.

Jika Anda memerlukan layanan SEO profesional untuk bisnis, Anda dapat memilik paket SEO yang kami tawarkan pada halaman ini.

Ditulis oleh Krepito Studio dalam Internet & Bisnis dan dengan tag , .