fbpx
Fitur Baru Pergantian Domain Google Search Console
23 Feb, 2020

Fitur Baru Pergantian Domain Google Search Console

Fitur Baru Pergantian Domain Google Search Console – Google Search Console meluncurkan fitur-fitur baru untuk membantu perpindahan website. Hal ini agar pemilik website dapat mengubah domain tanpa harus takut kehilangan pengunjung.

Fitur baru Search Console ini memungkinkan pemilik website untuk memberi tahu Google ketika web telah berpindah dari satu domain ke domain lainnya. Fitur ini juga dapat digunakan saat memindahkan website dari satu subdomain ke subdomain lainnya.

Ketika Google diberitahu tentang adanya perubahan domain pada website, Google akan mulai memprioritaskan crawling dan pengindeksan domain baru daripada domain lama. Hal ini juga akan memberi tahu Google untuk meneruskan sinyal SEO dari domain lama ke domain baru.

Untuk menjadikan Search Console Google lebih bermanfaat bagi pemilik website, Google menambahkan fitur-fitur baru berikut.

Validasi Pengalihan

Hal yang utama dari setiap perubahan domain adalah menyiapkan 301 redirect dari URL lama ke URL baru. Sekarang, alat perubahan domain akan memvalidasi pengalihan untuk 5 URL teratas website.

Validasi Pengalihan - Fitur Baru Search Console - 2

Seperti yang ditunjukkan pada gambar di atas, Search Console akan dengan jelas menunjukkan apakah pengalihan dari URL lama ke URL baru valid. Jika pengalihan ditemukan valid, Anda dapat mengonfirmasi langkah dengan Google saat itu juga.

Pengingat di Layar – Fitur Baru Pergantian Domain Google Search Console

Setelah perubahan permintaan domain telah dikirimkan, Google Search Console sekarang akan mengingatkan Anda tentang hal itu setiap kali Anda masuk ke dashboard baik domain yang dipindahkan atau domain tujuan.

On Screen Reminder Google Search Console

Google menyarankan bahwa mungkin diperlukan hingga 180 hari untuk menyelesaikan perubahan permintaan domain. Sepertinya, pengingat baru akan terus ditampilkan selama proses perpindahan masih berlangsung.

Seperti dikatakan, sebelum menggunakan fitur dari Google Search Console ini, pemilik website harus menerapkan 301 redirect untuk Homepage serta semua halaman lain.

Jangan lupa untuk melakukan proses perpindahan ini dengan teliti ya agar kamu tidak kehilangan pengunjung. Jika kamu memerlukan bantuan dari ahlinya silahkan kunjungi halaman layanan SEO yang kami tawarkan.

Sumber berita & gambar: SEJ

 

Ditulis oleh Krepito Studio dalam Internet & Bisnis dan dengan tag , , .

Tinggalkan balasan