13 Feb, 2013

Gara-Gara ‘Timeline’ dan Tombol ‘Like’ Facebook Dituntut

Facebook bisa dibilang cukup sering berhadapan dengan kasus hukum. Semenjak Facebook booming tuntutan demi tuntutan terus mengalir ke Facebook. Namun, kali ini tuntutan yang ditujukan ke Facebook cukup unik lantaran sang penuntut telah wafat. Kok bisa?

Seperti yang telah diberitakan oleh ReadWrite, Facebook digugat oleh almarhum programmer asal Belanda bernama Joannes Jozef Everadus Van der Meer, yang telah wafat pada tahun 2004.

Tentunya bukan sang programmer bangkit dari kubur dan menuntut Facebook. Namun ia digugat oleh perusahaan bernama Rembrandt Social Media yang memiliki paten tersebut — dan bertindak atas nama — sang mendiang Van der Meer.

Van der Meer memiliki dua paten software di AS yang, menurut pengacaranya, telah dilanggar oleh Facebook.  Paten tersebut adalah paten No. 6,415,316 (Method and apparatus for implementing a web page diary) dan No. 6,289,362 (System and method for generating, transferring and using an annotated universal address).

Paten yang pertama disebut telah dilanggar oleh fitur ‘Timeline’ di Facebook. Sedangkan yang kedua, disebut telah dilanggar oleh tombol ‘Like’ di Facebook. Mungkin perusahaan  Rembrandt Social Media agak telat mengajukan tuntutan ini. Namun Rembrandt Social Media tampaknya serius ingin memenangkannya. Mereka bahkan telah menunjuk firma pengacara Fish & Richardson, yang dikenal kuat di bidang hak kekayaan intelektual. Klien Fish & Richardson sebelum ini termasuk Alexander Graham Bell, Thomas Edison dan Wright bersaudara.

Sepertinya Facebook harus merogoh kocek sekian ratusan atau mungkin hingga jutaan dollar untuk tuntutan tersebut. Sebenarnya kesalahan-kesalahan seperti ini menguntungkan pihak lawan Facebook secara finansial, tapi apa boleh buat, paten tetaplah paten dan penggugat memiliki hak seratus persen atas paten tersebut.

Semoga saja Rembrandt Social Media menang dan menggunakan uangnya untuk membuat sosial media baru sebagai saingan Facebook. :p

 

Ditulis oleh Krepito Studio dalam Jejaring Sosial dan dengan tag , .